Desa Bakal Kecipratan Dana Sampai Rp 2,4 Miliar per Tahun

Foto: Keuangandesa.com

Indonesia Bisa — Pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) makin agresif menyalurkan dana ke puluhan ribu desa di seluruh Indonesia. Targetnya pemerintah akan mencairkan dana desa hingga senilai Rp 111 triliun pada 2018 dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) demi kemajuan desa.

Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan, Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan, pemerintah telah mengucurkan dana desa sebesar Rp 21 triliun pada tahun lalu. Sementara pagu anggaran dana desa dalam APBN 2015 senilai Rp 47 triliun.

“Di 2017, ditargetkan dana desa mencapai Rp 81 triliun dan Rp 111 triliun pada tahun berikutnya. Dengan demikian, puluhan ribu desa di seluruh Indonesia akan menikmatinya,” kata Luhut saat Forum 2016: The Year of Investment, di Hotel Ritz Carlton Jakarta, Kamis (4/2/2016).

Dengan anggaran besar tersebut, diakui Luhut, Rp 1,1 miliar akan mengalir ke kas desa pada tahun ini. Sementara jatah di tahun depan sebesar Rp 1,7 miliar dan di tahun berikutnya meningkat lagi menjadi Rp 2,4 miliar per desa.

“Dana desa ini bisa dialokasikan untuk membangun infrastruktur, koperasi dan membiayai bisnis Usaha Kecil dan Menengah (UKM) sambil melihat potensi di daerah tersebut. Sehingga perekonomian desa dapat berkembang, menciptakan lapangan kerja dan mengurangi angka pengangguran serta kemiskinan,” tegasnya.

Luhut optimistis, apabila dana desa ini dipergunakan untuk kegiatan produktif, maka itu akan menyumbang kontribusi terhadap perekonomian nasional. Bahkan melalui upaya itu, ia meyakini pertumbuhan ekonomi Indonesia akan mencapai 6 persen dari target 5,3 persen-5,6 persen.

“Pertumbuhan ekonomi sekitar 6 persen tahun ini bisa tercapai jika dana desa terserap dengan baik. Saya tidak ragu itu. Pokoknya semua investor tidak perlu khawatir, semua terkontrol dengan baik,” ucap Luhut.

[Indonesia Bisa/keuangandesa.com]

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s